Rubrik Kesehatan: Setelah Luka Sembuh Lutut Masih Terasa Nyeri

Lutut Terasa Nyeri Habis Jatuh dari Sepeda

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gini, saya habis jatuh dari sepeda, sudah 6 bulan lebih dan sudah berobat ke dokter juga alternatif, tapi semua bilang nunggu waktu, soalnya pas sendi jadi agak lama, dan saya sabar. Tapi sampai sekarang kok belum bisa lurus, sakitnya kalau buat lurus ngilu terus kayak ketarik dari dalam sakit banget.Kata dokter juga ahli alternatif posisi tulang juga ototnya sudah bagus.

Yang ingin saya pertanyakan, rasa ngilu itu di sebabkan apa? Terus kalau buat lurus kayak ada yang narik itu apa? Masak ada urat yang belum pas. Saya juga sudah coba ke pijat urat, dan kira-kira apa obatnya dan mohon solusinya?

Terima kasih

wassalam.

Dari: Tina

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas kesediaan Saudara berkonsultasi di website konsultasisyariah ini.

Untuk menganalisa permasalahan Saudari sebenarnya perlu diketahui lebih dahulu, bagaimana mekanisme jatuhnya, kemudian dari diagnosa dokter organ apa saja yang mengalami kerusakan dan seberapa parah kerusakan tersebut, dan terapi apa saja yang sudah Saudari jalani, semisal gips, operasi, dan sejenisnya.

Hal tersebut penting karena mempengaruhi penyembuhan sakit yang Saudari derita. Ketidaktahuan kami akan hal-hal tersebut di atas menyebabkan kami tidak mampu menjawab secara spesifik penyebab ngilu maupun rasa tertarik yang Saudari rasakan.

Meskipun demikian, secara umum dapat kita katakan bahwa kerusakan pada cedera di daerah lutut bisa menimpa tulang, ligamen, suatu jaringan ikat kuat yang menghubungkan antar tulang, atau menyokong organ dalam tubuh, tulang rawan lutut yang merupakan bantalan peredam gaya gesek antara tulang paha dan tulang kering, maupun otot-otot disekitar lutut dan paha.

Derajatnya pun bervariasi, mulai dari derajat awal tanpa sobekan jaringan, derajat menengah dengan robekan minor, dan derajat berat dengan robeknya sebagian besar atau seluruh jaringan. Semakin banyak organ yang terlibat, atau semakin berat derajat kerusakannya, semakin lama penyembuhannya.

Beberapa pasien dengan derajat cedera lutut memiliki masa sembuh bervariasi, mulai dari 2 minggu, hingga beberapa bulan, untuk mencapai kesembuhan dan perbaikan fungsi seperti sedia kala, begitu juga dengan hilangnya nyeri secara total.

Kami sarankan Saudari untuk lebih banyak bersabar dan berharap akan pahala dari Allah Ta’ala sebagai ganjaran atas kesabaran Saudari, kemudian berikhtiar, salah satunya misalnya dengan memeriksakan diri rutin ke dokter spesialis tulang, atau ke spesialis rehabilitasi medik.

Konsumsi rutin makanan kaya protein untuk membantu penyembuhan jaringan yang cedera, dan suplemen, seperti suplemen berbahan dasar gamat, diharapkan dapat membantu penyembuhan Saudari. Meskipun demikian, karena penelitian yang masih belum luas akan gamat, sebaiknya Saudari berkonsultasi dengan ahli kesehatan Saudari sebelum mengkonsumsinya.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)

sumber: Konsultasi Kesehatan dan Tanya Jawab Pendidikan Islam

Speak Your Mind

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *