Kesehatan: Apakah Mioma Bisa Menjadi Kanker?

Terkena Mioma Takut Kanker

Pertanyaan:

Dok, saya berusia 45 tahun mempunyai 2 orang anak laki-laki. Waktu hamil anak yangg kedua, saya terkena miom ukuran 4-5 cm, tapi alhamdulillah bayi lahir dengan sehat melalui operasi caecar.  Sekarang anak saya sudah 8 tahun dan miom saya juga terus membesar, saya seperti lg hamil 5 bulan, tetapi selama ini tidak ada keluhan apa-apa, hanya kalau lagi menstruasi banyak dan lama. Saya tadinya mau operasi dan konsultasi ke dokter kandungan, tetapi dokter menyarankan kalau memang tidak ada keluhan ga usah dioperasi, karena melihat usia saya yang akan mendekati menoupose, nanti juga akan mengecil, pertanyaan saya gimana sebaiknya? Saya takut miom saya berubah jadi kanker, sekian dan terima kasih

Dari: Nenden Ismiati

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ibu yang semoga senantiasa dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebelumnya kami haturkan terima kasih atas pertanyaan yang Ibu sampaikan dalam forum konsultasi ini.

Mengenai mioma yang Ibu derita, jika yang dikhawatirkan adalah perkembangan mioma menjadi kanker, sepengetahuan kami, hingga saat ini, tidak terdapat adanya bukti atau indikasi bahwa mioma bisa mengalami perubahan ganas (kanker rahim). Juga tidak terdapat bukti bahwa seseorang yang menderita mioma berisiko lebih besar menderita kanker rahim.

Pertimbangan pengangkatan mioma pada kondisi Ibu sepenuhnya kembali pada pilihan Ibu. Jika merasa khawatir dan terganggu dengan adanya mioma, terlebih jika muncul gangguan seperti kesulitan berkemih, nyeri panggul, atau konstipasi akibat mioma, maka sebaiknya diangkat saja. Namun jika memang Ibu tidak mengalami masalah apapun, mengingat kondisi usia yang sudah diatas kepala 4, mendekati perimenopause dimana hormon penstimulir tumbuhnya mioma akan menurun drastis, dan efek samping operasi yang mungkin cukup besar, sebaiknya ditunggu saja sesuai dengan saran dokter Ibu.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

sumber: Konsultasi Kesehatan dan Tanya Jawab Pendidikan Islam

Speak Your Mind

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *